Ngobrol Sore GlucoDr bersama RS Zahirah ”Diabetes pada Anak”

Kenaikan kasus diabetes sekarang ini menjadi hal yang harus kita perhatikan, dimana  kita ketahui bahwa kasus diabetes tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi diabetes juga terjadi pada anak-anak. Kondisi diabetes pada anak sangat berkaitan dengan dengan tumbuh kembang anak.

Menurut data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka kejadian diabetes pada anak usia 0-18 tahun di Indonesia meningkat hingga lebih dari 1000 kasus dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. Dalam hal ini, terdapat dua tipe diabetes yang harus menjadi perhatian orang tua yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

. . . . .

"Anak dengan diabetes

tetap dapat hidup normal dengan pola hidup sehat

dan pemantauan dokter".

dr. M. Ali Ridho

. . . . .

Dengan melihat kondisi peningkatan penderita Diabetes di Indonesia sekarang ini terutama diabetes pada anak yang terus meningkat, GlucoDr menghadirkan kegiatan Ngobrol Sore GlucoDr bersama RS Zahirah dengan mengusung tema ”Diabetes pada Anak”. Kegiatan Ngobrol Sore GlucoDr merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh GlucoDr melalui platform Live Instagram setiap sebulan sekali bersama para pakar dibidang kesehatan dengan topik yang berkaitan dengan pola hidup dan diabetes.

 

Kegiatan Ngobrol Sore bareng GlucoDr  ini diharapkan menjadi wadah bagi pengetahuan dan sharing dengan masyarakat mengenai pola hidup sehat dan terhindar dari Diabetes.

Dalam kegiatan Ngobrol Sore GlucoDr bersama RS Zahirah di tanggal 27 Januari 2023, jam 15.00 – 16.00 wib dengan topik ” Diabetes Pada Anak”,  tim GlucoDr mengundang narasumber yaitu dr. M. Ali Ridho selaku General Practitioner.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Penyakit Diabetes merupakan penyakit dimana tubuh kekurangan atau tidak menghasilkan hormon insulin sehingga kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi. ”Diabetes tipe I terjadi karena adanya autoimun pada tubuh anak, yaitu ketika sel beta pankreas diserang oleh imun atau kekebalan tubuh sendiri sehingga insulin tidak dihasilkan. Gejala diabetes tipe I biasanya muncul pada usia di atas 5 tahun,”jelas dokter Ali.

Secara garis besar, diabetes pada anak dapat terjadi oleh 3 faktor yaitu auto imun pada diabetes tipe I, pola makan dan obesitas pada diabetes tipe 2, dan faktor genetik dari orang tua yang menderita diabetes. Pada tipe 2 dan faktor genetik masih dapat dibantu dengan pola makanan seimbang baik dari karbohidrat, lemak, dan protein, serta aktivitas fisik. Sementara, pada tipe I harus dilakukan pemantauan oleh dokter dengan rutin suntik insulin. Diabetes pada anak memiliki gejala serupa dengan diabetes pada orang dewasa yaitu poliuri (banyak kencing), polidipsi (banyak minum), polifagi (banyak makan), dan penurunan berat badan.

Dokter Ali juga menambahkan bahwa untuk para orang tua yang buah hatinya memiliki gejala ke arah diabetes, pada usia dibawah 18 tahun dapat konsultasi ke dokter anak dan pada usia di atas 18 tahun dapat segera dikonsultasikan ke dokter penyakit dalam. Anak dengan diabetes tetap dapat hidup normal dengan pola hidup sehat dan pemantauan dokter. Penting untuk menjaga anak bebas dari diabetes karena diabetes secara tidak langsung juga dapat mengganggu pertumbuhan anak (karena gejala diabetes, anak menjadi tidak aktif dan produktif). Dengan demikian, selain pola makan dengan gizi seimbang, kontrol gula darah menjadi faktor penting, salah satunya dengan alat cek gula darah mandiri yang dapat digunakan dengan mudah dirumah.

 

GlucoDr dalam kesempatan ini juga memberikan penjelasan mengenai kelebihan product GlucoDr Auto A dimana produk GlucoDr Auto A  hanya memerlukan waktu  11 detik waktu pengukuran, memiliki 500  memori,  produk ini menggunakan 2 batterai litium, dengan rentang pengukurannya : 20 – 600 mg/dl ( 1,1 – 33,3 mmoi/L ) dan hanya memerlukan volume sample darah 4uL ( minimum 2uL ).

GlucoDr Auto A juga memiliki design modern dan travel convenience serta garansi alat seumur hidup.

 

Semoga kegiatan Ngobrol Sore bareng GlucoDr dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan memberikan contoh untuk menjalani pola hidup sehat agar terhindar dari Diabetes sejak dini.

#kontrolguladarahsejakdini#glucodraja

Posted By

0 komentar untuk Ngobrol Sore GlucoDr bersama RS Zahirah ”Diabetes pada Anak”.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar